Gua Istana Maharani

Buat kalian yang suka berpetualang! Gua Istana Maharani wajib di kunjungi, letaknya di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Gua Istana Maharani berjarak sekitar 500 meter dari pantai utara Jawa dan berada di kedalaman 25 meter dibawah permukaan tanah. Gua ini ditemukan pada 6 Agustus 1992 oleh sekelompok penambang fosfat yang dimandori oleh Sunyoto. Gua Maharani diresmikan sebagai salah satu obyek wisata tepatnya pada 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan.

Gua Istana Maharani
Asal mula nama Gua Istana Maharani dikarenakan istri Sunyoto bermimpi melihat bunga-bunga bercahaya indah dan dijaga 2 Naga raksasa, mimpi tersebut dianggap wangsit sebelum para penggali tambang menemukan Gua. Berdasarkan mimpi tersebut maka Sunyoto mengusulkan kepada Bupati Lamongan (ketika itu Mohamad Faried) agar Gua yang ditemukannya diberi nama Gua Istana Maharani. Karena Keindahan yang tampak dari stalaktit dan stalagmit (gugusan batuan kapur pada langit-langit dan lantai gua) dianggap seperti keindahan istana.
Batu-batuan kapur yang tercipta di Gua Istana Maharani membentuk wujud yang indah dan mengagumkan. Stalaktit dan Stalagmit tersebut ada yang disebut Lingga Pratala (menyerupai alat kelamin Laki-laki), Yoni Pratiwi (alat kelamin Wanita), Cempaka Tirta (bunga kantil), Karang Raja Kadal (Menyerupai Dinosaurus), Selo Gajah (menyerupai kepala Gajah), Bunga Mawar, Pohon Beringin dan berbagai bentuk lainnya yang unik dan indah. Menurut penelitian Dr. K.R.T. khoo, seorang ahli gua dari yayasan Speleologi Indonesia di Bogor, Stalaktit dan Stalagmit di Gua Istana Maharani masih “hidup” dan terus tumbuh sekitar 1 cm tiap 10 tahun.
Pengunjung yang ingin memasuki gua dianjurkan untuk Kulonuwun(meminta izin) dengan mengucapkan Asalamualaikum kepada Eyang Singojoyo dan Eyang Dewi Berinting yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai penunggu gua tersebut.
Gua ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.30 – 12.00WIB dan pukul 13.00 – 17.00 WIB, jika ingin menuju Gua Istana Maharani pengunjung bisa menuju Lamongan baik dari arah kota Surabaya maupun kota Tuban sebab Gua ini terletak di tepi jalan perlintasan arah Gresik-Tuban, Jawa Timur

Sumber: wisatamelayu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s