Manfaat Kopi

Kebiasaan minum kopi sudah menjadi sebuah tradisi terutama di kalangan mahasiswa dan pekerja kantor yang sering lembur untuk menyelesaikan tugasnya. Beberapa kalangan juga menyenangi kopi sekadar untuk teman berbincang dengan sahabat dan rekan kerja.

Banyak yang menentang konsumsi kopi karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Namun ternyata, para ahli menemukan beberapa efek positif yang diberikan kopi bagi tubuh kita.

Kopi

1. Kopi Dapat Memperlambat Proses Penuaan

Riset belakangan ini membuktikan bahwa kopi dapat memperlambat proses penuaan tubuh manusia. Orang yang meminum 2 sampai 3 cangkir kopi setiap harinya telah memperlambat proses penuaan tubuh mereka sebanyak 10 persen dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi.

2. Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Orang-orang yang hobi minum kopi lebih terhindar dari risiko kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker pankreas, kanker lambung dan usus. Walaupun riset ini belum terbukti hingga 100 persen, namun bisa dipastikan bahwa para penikmat kopi bisa lega karena kopi tidak akan meningkatkan risiko kanker karena asam antioksidannya melindungi tubuh dari kanker dan penyakit-penyakit lainnya. Sebuah studi yang melibatkan 67 ribu wanita membuktikan bahwa wanita yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih setiap harinya mengurasi risiko mengidap kanker sebanyak 25 persen.

3.  Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Konsumsi kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung karena dapat melindungi sistem kardiovaskular dalam tubuh. Sebuah studi yang melibatkan 41 ribu wanita membuktikan bahwa 3 cangkir kopi per hari telah mengurangi risiko gagal jantung. Hasil yang serupa ditunjukkan pula para pria.

4.  Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Kafein yang terkandung dalam kopi dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan menambak produksi nitrit oksida dalam endotelium sehingga memperkuat otot. Kafein dalam kopi memang dapat menaikkan tekanan darah, tapi hal ini hanya terjadi dalam waktu singkat atau “short-term”. Setelah kafein diproses dalam tubuh, tekanan darah akan kembali normal.

5.  Kopi Dapat Mengurangi Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Zat antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh dan mengurangi risiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Dalam sebuah studi kasus, para penikmat kopi diminta meningkatkan konsumsi kopi mereka menjadi 8 cangkir per hari, dan hal ini berhasil menaikkan rasio kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) sebanyak 8 persen.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kopi memiliki efek-efek negatif, namun bukan berarti kopi adalah murni zat racun karena ternyata banyak manfaat yang bisa diberikan kopi pada tubuh kita.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s