Lezatnya Bebek Kremes Dicocol Sambal Mercon dan Sambal Ijo

Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan selalu menawarkan aneka kuliner lezat yang perlu disinggahi. Tak terkecuali hidangan bebek goreng dari Bebek Mak Nyooss yang berlokasi di jalan Madrasah, Cilandak. Bebeknya disajikan dengan berbagai olahan bumbu yang meresap dan gurih. Sambal mercon tanpa terasi dan sambal ijo pun menjadi pilihan sambal cocol yang pedes mantap!

Bebek-Kremes-5

Warung bebeknya bergaya modern, dindingnya bercat biru telor asin. Mau lesehan atau duduk di bangku, pengunjung bisa pilih sesuka hati. Deretan menu bebek disini sangat bervariasi, ada bebek goreng original, bebek goreng kremes, bebek goreng saos telor asin, bebek panggang bumbu pedas dan ada pula menu paket seperti nasi tutug oncom yang disajikan bersama bebek goreng.

Kami memesan sepaket menu bebek goreng kremes (Rp. 21.000). Bebek gorengnya disajikan dengan nasi hangat, lalapan mentimun, tahu goreng dan sambal. Juga Tutug Oncom Bebek Goreng Bumbu Telor Asin (Rp.27.000).

Tak berlama-lama menungu, dua menu bebek goreng dengan racikan yang berbeda tersaji di meja. Hmm… kepulan hangat dari bebek goreng menghantarkan aroma gurih hingga menusuk hidung.

Karena untuk menikmati bebek dan ayam paling pas dengan tangan, kamipun langsung mencuci tangan di mangkuk berisi air yang sudah tersedia.

Bebek gorengnya berwarna kecokelatan menebar aroma gurih. Ditaburi dengan butiran kremesan yang kekuningan cukup royal. Ukuran bebeknya lumayan besar. Dagingnya yang tebal terasa gurih dengan semburat aroma rempah yang pedas segar. Selain bumbu kuning, agaknya bumbu ungkep bebek goreng ini juga ditambahkan cengkeh.

Yang memikat justru sambal mercon. Wah, sambal rawit merah tanpa terasi ini memang pedasnya nendang menyengat seperti mercon. Cocok jadi pendamping bebek goreng yang yang gurih renyah. Sisa kremesanpun makin enak diaduk dengan nasi hangat. Ah, sedapnya!

Tutug oncom atau yang dikenal sebagai Sangu Tutug Oncom adalah racikan nasi khas Jawa Barat khususnya Bogor. Nasi dibentuk kerucut dengan bintik-bintik kecokelatan oncom. Nasinya pulen menyatu dengan oncom, menebar aroma kencur yang sedikit pedas.

Oncom yang ditumis dengan cabai rawit merah ulek dan bawang terasa pedas gurih dan wangi. Bebek goreng yang jadi lauknya disiram dengan saus telor asin. Empuk gurihnya bebek makin terasa kuat dengan kuning telur asin yang kental gurih luar biasa.

Sensasinya cukup unik. Nasi oncom yang pedas beraroma bawang dan bebek yang gurih kuat dan pedas. Nasi inipun makin cepat berpindah ke mulut. Wah, perutpun kenyang memuaskan. Apalagi harganya tak terlalu mahal. Kalau kelaparan di malam hari warung ini juga masih buka sampai jam 2 pagi.

Bebek Mak Nyooss
Jl. Madrasah No.8
Cilandak, Jakarta Selatan
Telp. 021-41503203/082123217874
Buka pukul 9.00 -20.00

 

Sumber: Detikfood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s