Sensasi Sop Buah Pak Ewok

sop buah pak ewok

Bogor memang terkenal dengan sebutan sebagai kota hujan, tapi bukan berarti di kota ini tidak ada jenis makanan yang dingin menyegarkan. Mendapat julukan sebagai kota hujan sudah berarti kalau suhu udaranya relative cukup dingin, minuman yang hangat memang terasa nikmat tapi yang dingin pun juga banyak peminatnya. Kalau tidak percaya, silahkan saja bertandang ke Rumah makan yang berlokasi di Jl. Bukit Tunggul No. 5, kawasan Taman Kencana. Dengan menempati sebuah bangunan semi permanen yang terbuat dari bambu, Rumah Makan Sop Buah Pak Ewok (SBPE) selalu ramai pengunjung. Untuk mencari lokasinya tentu saja cukup mudah, karena Taman Kencana yang berada di Pusat Kota Bogor juga merupakan salah satu spot tujuan wisata kuliner kota Bogor.

sup buah pak ewok8

Usaha sop buah ini dirintis pertama kali oleh Pak Dana Dianto sejak tahun 1980-an di kota Bandung. Dimulai dari berjualan menggunakan gerobak es campur di jl. Cimandiri, Bandung kemudian berjualan di dalam kantin kantor Gedung Sate. Hingga pada tahun 1990-an terciptalah menu sop buah yang banyak diminati para pengunjung. Terus bagaimana bisa sampai ke Bogor? pada tahun 2005 Pak Budi (Teguh Budi Siswanto) yang bisa dikatakan sebagai relasi dari SBPE (Sop Buah Pak Ewok) mulai memperkenalkan sop buah ini di Kota Bogor. Sambutan masyarakat Bogor dengan kehadiran SBPE ini cukup baik, hingga pada tahun 2006 berdirilah bangunan semi permanen di kawasan Taman Kencana seperti sekarang ini.

sop buah pak ewok5

Berbeda dengan yang ada di Bandung, Rumah Makan SBPE di Bogor yang berkapasitas sekitar ±100 pengunjung ini dilengkapi dengan berbagai menu makananan dan jajanan. Mulai dari nasi timbel, nasi bogana, bakso, siomay, pempek, dimsum, otak-otak, pisang goreng, bakpao, sosis, kentang goreng, lumpia, steak dan masih banyak lagi macamnya. Sedangkan untuk sop buahnya tetap serupa dengan yang ada di Bandung. Racikan aneka buah segar yang sudah dipotong-potong disajikan dalam 3 pilihan kuah sop, ada kuah sop jeruk, kuah sop susu dan kuah sop durian.

Dan seperti yang sudah kita ketahui, tidak semua jenis buah bisa menghasilkan buah sepanjang waktu atau musim. Sehingga komposisi sop buah juga disesuaikan dengan musim buah yang sedang berlangsung, jadi isiannya tidak sama setiap bulannya. Sop buah khas SBPE ini memang terasa mantap, mix buah seperti strawberry, mangga, jeruk, melon, jambu, apel, pear dan lain sebagainnya terendam dalam kuah air kelapa yang sudah tercampur susu. Penambahan es batunya semakin menyempurnakan kesegaran sop buah yang hanya dibandrol Rp 8.500 rupiah saja. Selain rasanya yang dingin menyegarkan, harganya juga sangat bersahabat. Selain menikmati aneka macam sop buahnya, jangan lupa untuk mencicipi aneka makanannya yang tidak kalah lezat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s